Selamat datang di Website BAPPELITBANGDA Kabupaten Majalengka Warga Padati Kirab Budaya Talaga Manggung
E-mail Print PDF

Warga Padati Kirab Budaya Talaga Manggung

MAJALENGKA - Warga Kecamatan Talaga dan daerah sekitarnya memadati ruas jalan yang dilalui kirab budaya dalam rangka milangkala Talaga Manggung. Kirab budaya yang berlangsung semarak ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan tradisi “nyiramkeun” Talaga Manggung yang terus dilestarikan hingga sekarang.

Ketua Padepokan Talaga Manggung,H. Tatan Hartono mengatakan, sudah menjadi kewajiban untuk merawat dan menjaga kearifan lokal yang dimiliki Talaga Manggung. Warisan budaya leluhur ini harus terus digelorakan agar sejarah di masa lalu itu dapat diketahui oleh generasi penerusnya.

 

“Melestarikan dan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal Talaga Manggung harus dimanifestasikan dalam wujud apresiasi dan kegiatan positif,” katanya, Minggu (13/11).

Mantan anggota DPRD Majalengka ini menjelaskan, setelah menggelar kirab, maka rangkaian kegiatan budaya akan dilanjutkan dengan tradisi nyiramkeun. “Kami akan terus berupaya mengangkat aset budaya yang mampu menggerakkan nilai-nilai kesejarahan dan mengangkat pula warisan leluhur yang adiluhung, seperti tradisi nyiramkeun ini,” jelasnya.

Wakil Bupati Majalengka H.Karna Sobahi yang juga hadir dalam acara kirab budaya kali ini berharap, ketahanan budaya dapat terus dibangun dan dipelihara. Hal itu untuk mengatasi masuknya budaya- budaya dari luar yang tidak sesuai dengan karakter , budaya , dan sifat warga Indonesia.

“Karena itu, Pemerintah dan DPRD siap untuk mendorong agar budaya daerah tetap terpelihara,” katanya.

Nampak hadir dalam acara kirab budaya, anggota DPR RI asal Kecamatan Talaga, Tubagus Hasanuddin, Ketua DPRD Majalengka Tarsono D. Mardiana, Kepala Disporabudpar Agus Permana, serta tokoh masyarakat, dan tokoh budaya Majalengka. < sumber >

Last Updated on Tuesday, 15 November 2016 08:13